Usaha Warung Kopi Sachet, Modal Sedikit Keuntungan Selangit

Konten [Tampil]
Usaha Warung Kopi Sachet


Tingginya minat masyarakat terhadap usaha warung kopi sachet di beberapa daerah sudah mulai terlihat. Hal itu terbukti dengan tidak sedikitnya warung kopi yang bisa kita temui baik di daerah perkotaan atau pun pedesaan.


Pasalnya usaha warung atau kedai kopi ini cukup prospek dan menjanjikan keuntungan yang selangit. Maka tidak heran jika banyak masyarakat yang beralih profesi menjadi penjual kopi sachetan karena keuntungannya lumayan besar.


Selain alasan sebagaimana yang tersebut di atas. Tingginya minat masyarakat untuk mengkonsumsi kopi setiap harinya juga menjadi alasan kenapa pelaku usaha memilih untuk memulai usaha kedai kopi sachet ini.


Dan bagi Anda yang ingin mencoba peluang usaha di dunia kopi tidak perlu hawatir. Karena pada kesempatan kali ini buatanda.com akan berbagi informasi tentang seperti apa usaha warung kopi sachet, rincian modal, dan bagaimana cara memulainya.


Usaha Warung Kopi Sachet

Mungkin pertanyaan pertama yang muncul dari benak Anda adalah kenapa harus kopi sachet, kenapa tidak jenis kopi lainnya? Jawabannya cukup mudah, pelaku usaha warung kopi sachet memilih kopi kemasan sebagai bahan utamanya karena varian jenisnya beragam dan juga mudah ditemukan di pasaran.


Selain alasan di atas. Terdapat pula beberapa alasan lain kenapa pelaku usaha warung kopi lebih banyak memilih kopi sachet dari pada jenis kopi lainnya. Dimana alasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Modal lebih sedikit

Setiap usaha tentu membutuhkan modal, baik itu modal besar atau pun kecil. Nah untuk usaha warung kopi sachet sendiri, modal yang dibutuhkan cukup sedikit karena alat operasional yang dibutuhkan tidak terlalu banyak seperti bisnis coffee shop mini pada umumnya.


Alat yang dibutuhkan untuk usaha kedai kopi hanya berupa air, alat pemanas air, gula, gelas, sendok teh, dan pastinya kopi sachet dengan varian jenisnya. Jadi tidak perlu alat drip coffee maker, grinder atau roaster yang notabene harganya lumayan mahal.


2. Bahan baku mudah ditemui di pasaran

Seperti yang kami sampaikan di atas bahwa bahan baku utama dari usaha kedai kopi sachet adalah kopi kemasan yang banyak terjual di pasaran. Harganya pun relatif murah, yaitu sekitar 1.000 rupiah per sachetnya.


Kemudahan memperoleh bahan baku ini juga menjadi salah satu alasan pelaku usaha kedai kopi memilih kopi sachet sebagai jalan usahanya. Mengingat dengan kemudahan tersebut dapat mengupayakan perputaran usaha terus berjalan.


3. Banyak diminati oleh semua kalangan

Warung kopi sachet merupakan satu dari sekian usaha yang paling mudah untuk menjaring pembeli. Mengingat peminatnya bisa dari semua kalangan. Baik itu kalangan menengah ke atas, atau pun menengah ke bawah.


Beda hal dengan coffee shop yang notabene hanya diminati oleh kalangan menengah ke atas saja karena harga yang ditawarkan lumayan mahal. Beda jauh dengan harga kedai kopi yang relatif ekonomis.


4. Lokasi warung bisa dimana saja

Perbedaan lainnya antara warung kopi sachet dengan coffe shop adalah pemilihan lokasi. Kedai kopi sachet bisa dilakukan di lokasi mana saja, baik di pinggir jalan atau pun lahan kosong depan rumah.


Namun demikian, meskipun lokasi usaha bisa dimana saja. Dalam menjalankan usaha warung kopi sachet tidak bisa mengenyampingkan konsep design warung kopi yang notabene dapat menambah keuntungan.


Terdapat dua design warung kopi sederhana yang bisa Anda contoh, yaitu design warung kopi bernuansa kayu, dan design warung kopi bernuansa bambu sederhana namun nyaman dibuat nongkrong.


5. Menjanjikan keuntungan yang besar

Alasan terakhir kenapa banyak masyarakat ingin memiliki usaha warung kopi sachet adalah karena berpotensi memberikan keuntungan yang besar. Apalagi jika Anda menambahkan beberapa menu lain sebagai pelengkap seperti gorengan kekinian, roti, mie instan, dan beberapa jenis makanan lainnya.


Jadi dengan begitu keuntungan yang Anda peroleh bisa belipat-lipat, bisa dari kopi sachet dan bisa juga dari beberapa jenis makanan tambahan yang Anda sediakan di warung kopi Anda.


Rincian Modal dan Keuntungan Usaha Warung Kopi Sachet

Memulai usaha apapun, tentu persiapan modal menjadi hal yang paling krusial. Begitu juga dengan usaha warung kopi sachet yang akan Anda jalankan. Lakukan perhitungan modal usaha secara terperinci. Agar Anda bisa mengalokasikan modal tersebut dengan tepat.


Bagi Anda yang masih bingung tentang seperti apa rincian modal usaha warung kopi sachet. Tidak perlu hawatir, karena sesuai dengan yang kami sampaikan di atas bahwa kami akan memberikan informasi tentang rincian modal yang dibutuhkan untuk mambangun usaha warung kopi, seperti berikut ini:

1. Rincian modal

Rincian Modal Usaha Warung Kopi Sachet

Kopi sachet all varian rasa

Rp. 300.000

Mie instan 2 dos / 2 varian rasa

Rp. 250.000

Kompor 2 tungku

Rp. 396.000

Panci

Rp. 50.000

Gas elpiji 3 kg

Rp. 165.000

Gelas 1 lusin

Rp. 25.000

Meja dan kursi

Rp. 600.000

Biaya tidak terduga 10%

Rp. 178.600

Total Biaya

RP. 1.964.000


Jadi total kebutuhan modal yang harus Anda persiapkan untuk memulai usaha warung kopi adalah Rp. 1.964.000,-. Total biaya tersebut sudah cukup jika Anda memanfaatkan lahan sisa depan rumah untuk menjadi lokasi warung kopi Anda.


Lantas bagaimana dengan modal jenis makanan tambahan? Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan modal untuk pengadaan jenis makanan tambahan, karena Anda bisa memberdayakan tetangga kanan-kiri untuk menitipkan kue atau jajanan mereka di warung Anda.


2. Rincian keuntungan

Warung kopi sachet merupakan satu dari sekian peluang usaha yang menjanjikan margin yang lumayan besar. Dimana keuntungan-keuntungan tersebut bisa diperoleh dari kopi sachet sendiri atau pun dari beberapa jenis jajanan tambahan.


1 dos kopi sachet berisi 120 sachet, dimana harga persachetnya adalah Rp. 1.000. Setelah Anda olah menjadi secangkir kopi, Anda bisa menjualnya dengan harga Rp. 3.000/gelas. Jadi keuntungan yang bisa Anda peroleh dari kopi sachet sebesar Rp. 2.000 x 120 = Rp. 240.000.


Keuntungan sebesar Rp. 240.000 di atas hanya keuntungan dari kopi sachet saja, belum dari jajan tambahan seperti mie instan dan jenis jajanan lainnya. Maka tidak heran jika usaha warung kopi sachet ini berpotensi memberikan keuntungan yang lumayan besar.


Cara Memulai Usaha Warung Kopi Sachet

Nah bagi Anda yang berminat untuk memulai usaha warung kopi sachet ini. Berikut kami berikan beberapa cara memulainya. Agar usaha yang Anda jalankan bisa berjalan dengan maksimal dan memberikan keuntungan yang besar.


Adapun cara-cara yang kami maksud untuk memulai usaha warung kopi adalah sebagai berikut:


1. Pemilihan lokasi usaha

Pada dasarnya usaha warung kopi ini bisa dilakukan dimana saja. Namun alangkah baiknya jika Anda melakukan survey lokasi terlebih dahulu dalam upaya memilih lokasi usaha yang tepat.


Beberapa lokasi yang cukup strategis untuk memulai usaha warung kopi adalah area pinggir jalan, dekat kampus, perkantoran, dan pemukiman yang ramai.


Alasan dari pemilihan lokasi seperti yang tersebut di atas adalah untuk mempermudah Anda menjaring konsumen dari usaha yang Anda jalankan.


2. Melengkapi peralatan yang dibutuhkan

Setelah Anda mendapatkan lokasi yang strategis untuk usaha warung kopi Anda. Maka cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melengkapi semua peralatan opersional warung kopi Anda.


Pasalnya kelengkapan peralatan turut andil dalam memperlancar usaha yang Anda jalankan. Tidak kebayang bukan pada saat ingin membuat kopi, Anda belum menyiapkan panci pemanas air?!.


Oleh karena itu, pastikan peralatan yang dibutuhkan dilengkapi semua. Sehingga pada saat usaha sudah berjalan, Anda tidak mengalami kendala teknis apapun.


3. Mempersiapkan modal

Modal merupakan hal yang cukup krusial dalam membangun usaha, termasuk juga dengan usaha warung kopi sachet. Anda perlu menyiapkan modal usaha sebagaimana yang sudah kami sebutkan di atas untuk memudahkan Anda memulai usaha yang Anda inginkan.


Tapi yang perlu diperhatikan adalah pengalokasian modal yang Anda miliki. Jangan sampai salah dalam mengelola modal, karena akan berdampak pada pembekakan biaya di awal. Jadi butuh perhitungan yang cukup detail dalam mengelolanya.


4. Menentukan menu

Cara terakhir yang perlu Anda lakukan dalam membangun usaha warung kopi sachet yang Anda inginkan adalah dengan menentukan menu apa saja yang akan Anda jual. Karena penentuan menu ini juga berdampak pada persiapan modal yang dibutuhkan.


Jadi jika modal yang Anda miliki terbilang sedikit, maka sebaiknya menu yang ditawarkan sedikit dulu. Setelah berjalannya waktu dan keuntungan sudah bisa Anda rasakan, maka Anda bisa menambahkan menu tambahan untuk warung kopi Anda.


Penutup

Nah itulah informasi tentang usaha warung kopi sachet berikut dengan rincian modal yang dibutuhkan dan cara memulainya. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat serta wawasan bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang ingin memulai usaha kedai kopi sederhana.


Yang perlu Anda ingat bahwa modal utama untuk memulai usaha apapun adalah ketekunan, kesabaran, inovasi, dan kreativitas. Jika Anda sudah memiliki modal tersebut, maka akan sangat mudah buat Anda untuk memulai dan mengembangkan usaha kedai kopi yang Anda inginkan.


Jangan lupa bantu share artikel ini agar informasi ini dapat tersampaikan kepada mereka yang saat ini sedang membutuhkan. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Usaha Warung Kopi Sachet, Modal Sedikit Keuntungan Selangit"