Pentingnya Analisis Usaha Thai Tea Bagi Pemula

Konten [Tampil]
Analisis Usaha Thai Tea


Pentingkah analisis usaha thai tea dilakukan? Mungkin pertanyaaan seperti ini sering kita dengar, terutama dari mereka yang masih terhitung pemula dalam bidang usaha minuman kemasan yang lagi trend ini.


Pada dasarnya melakukan analisa terhadap usaha yang dijalankan itu penting karena manfaatnya selain bisa mengetahui kelayakan produk yang dijual, juga bisa memahami kompetitor dan resiko yang mungkin dihadapi dikemudian hari.


Jadi mempertanyakan tentang penting tidaknya analisis usaha kuliner minuman thai tea sebenarnya merupakan hal yang biasa, dan sering kali dipertanyakan oleh mereka pelaku usaha yang terbilang masih pemula.


Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan seperti di atas. Maka pada kesempatan kali ini buatanda.com akan berbagi informasi tentang tahapan analisis usaha thai tea, manfaat analisis, dan jenis analisis yang bisa digunakan oleh pelaku usaha kuliner minuman kekinian.


Dimana tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk membantu mereka agar lebih paham lagi tentang bagaimana membangun usaha minuman kekinian agar berjalan lancar serta menguntungkan.


Analisis Usaha Thai Tea

Analisis usaha thai tea merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh pelaku minuman kekinian ini. Alasannya tentu karena dengan melakukan analisis, pelaku usaha akan lebih mudah memulai dan menjalankan usaha tersebut.


Lantas apa saja tahapan dalam melakukan analisis usaha tersebut? Tentunya terdapat beberapa tahapan yang harus Anda lakukan dalam menganalisa peluang usaha yang ingin Anda jalankan. Dimana tujuannya agar data yang Anda dapatkan cukup valid. Sehingga memudahkan Anda menjalankan usaha tersebut.


Nah beberapa tahapan yang kami maksud dalam melakukan analisis usaha adalah sebagai berikut:

1. Analisis kompetitor

Semakin meningkatnya pelaku usaha thai tea, memungkinkan terjadinya persaingan pasar yang cukup ketat. Sehingga kecil kemungkinan usaha yang Anda jalankan akan berjalan dengan lancar.


Namun begitu, Anda tidak perlu hawatir. Karena untuk menghadapi persaingan pasar yang ketat, Anda hanya perlu melakukan analisis kempetitor untuk mengetahui apa yang menjadi kelemahan dari kompetitor itu sendiri.


Setelah Anda mengetahui kelemahan pesaing, maka Anda cukup memanfaatkan kelemahan tersebut untuk meningkatkan kualitas usaha yang Anda jalani.


2. Analisis produk dan kebutuhan pasar

Tahapan lain dalam analisis usaha thai tea adalah analisis produk dan kebutuhan pasar. Artinya, Anda perlu melakukan analisis produk yang cocok dengan kebutuhan pasar.


Misalnya kebutuhan pasar adalah minuman dengan varian rasa. Maka usaha Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan tersebut.


Selain varian rasa, tentu kualitas produk juga menjadi salah satu kebutuhan pasar yang harus Anda perhatikan. Produk thai tea yang Anda jual harus bisa bersaing dengan produk lainnya di pasaran.


3. Menganalisa lokasi usaha

Lokasi yang strategis merupakan satu dari sekian indikator kesuksesan dari suatu usaha. Oleh karena itu, jika Anda ingin usaha minuman cup yang Anda jalankan berjalan dengan lancar. Maka menganalisa lokasi atau tempat usaha harus Anda lakukan.


Umumnya, lakoasi yang tepat untuk memulai usaha minuman cup yang lagi trend ini adalah tempat-tempat yang ramai, seperti area perkantoran, sekolah/kampus, area perbelanjaan, dan area perumahan yang padat penduduk.


4. Analisis modal

Usaha apapun tentunya membutuhkan persiapan modal agar usaha tersebut bisa berjalan, begitu juga dengan usaha thai tea. Namun modal yang disiapkan bukan hanya untuk kebutuhan satu bulan saja.


Dari hasil pengamatan yang pernah dilakukan diketahui bahwa pelaku usaha yang sudah berhasil menjalankan usahanya, modal awal untuk kebutuhan yang dipersiapkan adalah minimal untuk 3 bulan kedepan, termasuk juga peralatan yang dibutuhkan untuk usaha thai tea itu sendiri.


Alasan persiapan modal 3 bulan adalah untuk mengantisipasi adanya krisis usaha kuliner termasuk juga thai tea yang umum terjadi dalam kurun waktu 1 hingga 6 bulan pertama.


5. Analisis harga thai tea

Nah untuk tahapan analisis yang satu ini juga penting sekali Anda perhatikan. Pasalnya dari hasil analisis harga yang Anda lakukan, Anda bisa menetapkan berapa harga yang harus Anda tawarkan kepada konsumen untuk satu porsi thai tea.


Dalam upaya analisis harga Anda bisa mengambil data dari biaya produksi ditambah dengan keuntungan yang diperoleh sebesar 30%. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survey harga kompetitor, dan harga kesanggupan konsumen.


Alasan utama kenapa analisis harga ini penting untuk dilakukan adalah karena kepastian harga yang ekonomis cenderung dapat menarik minat konsumen untuk membeli thai tea yang Anda jual.


Jadi dari beberapa tahapan analisis usaha thai tea seperti yang tersebut di atas dapat memudahkan Anda untuk memulai dan membangun usaha minuman yang Anda inginkan. Karena apapun usahanya, Anda harus bisa mengatahui apa yang menjadi ancaman dan peluang untuk usaha Anda.


Untuk melengkapi informasi di atas. Maka kami tuliskan juga beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari aktivitas analisis usaha thai tea sebagaimana yang tersebut di bawah ini.


Manfaat Analisis Usaha Thai Tea

Tentunya ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari analisis usaha thai tea ini. Dimana beberapa manfaat sudah kami tuliskan di atas, yaitu dapat memngetahui kelayakan produk, memahami kompetitor, dan resiko yang bisa muncul di kemudian hari.


Nah untuk lebih lengkapnya akan kami paparkan beberapa manfaat lain dari analisis usaha ini, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui kelayakan produk

Sebelum Anda memasarkan produk minuman dari usaha Anda ke masyarakat umum. Ada baiknya Anda memastikan kelayakan produk minuman Anda terlebih dahulu.


Nah salah satu manfaat dari analisis adalah dapat membantu Anda mengetahui kelayakan produk usaha Anda. Apakah produk tersebut dapat diminati oleh konsumen dengan harga yang kompetitif, atau malah sebaliknya.


2. Memahami kompetitor

Manfaat yang kedua dari analisis usaha thai tea adalah dapat membantu Anda memahami kelemahan dan kekuatan dari kompetitor. Dengan begitu Anda bisa melakukan inovasi untuk menambah kualitas produk thai tea Anda.


3. Mengerti kelemahan usaha

Manfaat ketiga yang bisa Anda dapatkan dari anailis adalah mengerti kelemahan dari usaha yang Anda jalankan. Sehingga dengan begitu memungkinkan Anda untuk melakukan tindakan preventif agar kelemahan tersebut tidak menjadi resiko yang berarti.


4. Mengetahui keuntungan usaha

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari analisis usaha adalah dapat mengetahui berapa kemungkinan keuntungan yang akan diperoleh dari usaha tersebut. Selain keuntungan, Anda juga bisa mengetahui kerugian yang mungkin Anda alami di kemudian hari.


5. Mengetahui perkembangan usaha

Manfaat terakhir dari analisis usaha adalah dapat mengetahui perkembangan usaha di kemudian hari. Sehingga dengan begitu Anda bisa mengambil peluang untuk memaksimalkan keuntungan usaha Anda.


Jenis Analisis Untuk Usaha Thai Tea

Nah setelah Anda mengetahui tentang tahapan analisis usaha thai tea serta manfaatnya. Ada baiknya Anda mengetahui juga apa saja jenis analisis yang bisa Anda gunakan untuk usaha Anda.


Adapun beberpa jenis analisis yang dimaksud adalah sebagaimana yang tersebut di bawah ini:

1. Analisis SWOT usaha thai tea

Analisis SWOT merupakan satu dari sekian metode analisis yang banyak digunakan oleh pelaku usaha. Dimana analisis SWOT ini terdiri dari 4 aspek,yaitu strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman).


Dengan menggunakan analisis SWOT, memungkinkan Anda mengetahui kelemahan yang dapat mengancam usaha Anda. Pun sebaliknya, Anda juga bisa mengetahui kekuatan usaha Anda untuk dijadikan peluang mendapatkan keuntungan.


2. Analisis MOST untuk usaha thai tea

Analisis MOST merupakan kepanjangan dari missi (tujuan usaha), orientasi (pencapaian tujuan), strategi (cara tertentu mencapai tujuan), dan taktik (metode yang digunakan untuk mencapai tujuan).


Jadi secara garis besar, analisis ini terfokus pada tujuan pencapaian usaha minuman thai tea yang Anda jalankan.


3. Analisis PESTEL untuk usaha thai tea

Analisis ketiga yang bisa Anda gunakan untuk membangun usaha minuman thai tea Anda adalah analisis PESTEL. Analisis PESTEL sendiri terdiri dari lima aspek penting,yaitu politik, ekonomi, sosial, teknologi, lingkungan, dan legalitas.


Adapun tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui adanya faktor lingkungan terhadap kelancaran usaha. Artinya, dengan menggunakan analisis ini Anda dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mempromosikan produk minuman thai tea Anda.


4. Analisis CATWOE untuk usaha thai tea

Nah analisis terakhir yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan usaha Anda adalah CATWOE. Analisis yang satu ini terdiri dari 7 aspek penting, yaitu diantaranya customers, akctors, transformastion, process, worldview, owners, dan environment constraints.


Manfaat yang dapat Anda peroleh dari analisis ini adalah bisa menemukan beberapa pertimbangan seperti tujuan, masalah, strategi, layanan, dan produk dapat mempengaruhi usaha thai tea Anda.


Penutup

Jadi itulah informasi tentang analisis usaha thai tea. Baik dari tahapan, manfaat serta jenisnya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda membangun usaha minuman kekinian agar mendapatkan untung yang besar.


Dari beberapa jenis analisis seperti yang tersebut di atas. Anda bisa menggunakan salah satu atau semua dari jenis tersebut untuk memulai dan mengembakan usaha yang Anda jalankan.


Jika informansi di atas memiliki kebermanfaatan buat usaha Anda. Maka jangan lupa untuk bantu share artikel ini agar pelaku usaha yang masih terbilang pemula juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Pentingnya Analisis Usaha Thai Tea Bagi Pemula"