7 Tempat Yang Cocok Untuk Jualan Gorengan Biar Laris Manis

Konten [Tampil]
Tempat Yang Cocok Untuk Jualan Gorengan


Pemilihan tempat yang cocok untuk jualan gorengan merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha gorengan. Pasalnya, tempat atau lokasi jualan juga menjadi penentu lancar tidaknya usaha yang dijalankan.


Jadi selain kualitas rasa dan harga yang kompetitif, tempat yang strategis juga menjadi pertimbangan untuk memulai usaha gorengan.


Dirangkum dari beberapa informasi bahwa terdapat beberapa kategori tempat yang cocok untuk lokasi berjualan. Dimana diantaranya seperti kemudahan akses, luas ideal, mudah terlihat, dan merupakan lokasi yang ramai.


Nah dari beberapa kategori seperti yang tersebut di atas. Buatanda.com akan berbagi informasi tentang 7 tempat yang cocok untuk jualan gorengan sebagaimana kategori di atas.


Dengan tujuan dapat membantu pelaku usaha gorengan khususnya yang masih pemula dalam memilih tempat yang tepat untuk menjalankan usahanya.


7 Tempat Yang Cocok Untuk Jualan Gorengan

Seperti yang kami sampaikan di atas bahwa tempat merupakan salah aspek penting yang harus diperhatikan dalam memulai usaha, termasuk juga dengan usaha gorengan. Karena tempat yang cocok untuk jualan gorengan turut andil dalam melancarkan jalannya usaha itu sendiri.


Dari itu, dalam upaya membantu pelaku usaha gorengan agar menemukan tempat yang strategis untuk memulai usahanya. Berikut ini kami informasikan beberapa tempat yang cocok untuk digunakan sebagai lokasi jualan gorengan:

1. Pinggir jalan raya

Tempat yang cocok pertama untuk jualan gorengan adalah pinggir jalan raya. Diketahui bahwa jalan raya merupakan tempat dimana banyak orang yang berlalu lalang untuk menjalankan aktivitasnya.


Itu artinya, jalan raya merupakan salah satu tempat yang ramai sehingga cocok untuk dijadikan lokasi jualan gorengan. Karena semakin ramai lokasi tersebut, maka akan semakin mudah Anda menjaring pembeli.


2. Lingkungan sekolah

Lingkungan sekolah atau kampus juga merupakan tempat yang strategis karena ramai dengan aktivitas siswa atau pun mahasiswa. Anda pun bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk berjualan gorengan yang notabene harga relatif murah dan sesuai kantong pelajar.


Selain itu, gorengan termasuk ke dalam jajanan yang disukai oleh semua kalangan, termasuk juga oleh para guru atau pun dosen. Sehingga target pasar Anda bukan hanya siswa atau mahasiswa saja. Melainkan juga guru, dosen, dan relasi dari instansi itu sendiri.


Ada dua alternatif tempat jualan di lingkungan sekolah atau kampus ini. Yang pertama membuka stand gorengan sendiri di depan halaman sekolah atau kampus. Dan yang kedua menjalin kerjasama dengan pihak kantin sekolah atau kampus.


3. Lingkungan minimarket

Tempat lain yang bisa Anda jadikan lokasi berjualan gorenangan yang strategis adalah minimarket. Seperti yang kita ketahui minimarket merupakan tempat dimana tidak sedikit masyrakat yang berlalu lalang untuk membeli bahan kebutuhan sehari-hari.


Nah dengan memanfaatkan kondisi yang ramai seperti di atas, maka akan mudah bagi Anda untuk menjaring pembeli. Oleh karena itu tidak heran jika beberapa pelaku usaha memilih menyewa lahan di depan minimarket untuk menjalankan usaha mereka.


4. Tempat jualan yang minim persaingan

Nah untuk menghindari persaingan pasar yang tinggi. Sebaiknya dalam memilih lokasi jualan gorengan perlu memperhatikan keberadaan kompetitor sekitar lokasi jualan.


Pasalnya tingginya persaingan pasar dapat menurunkan prosesntase penjualan setiap harinya. Yang mana hal tersebut juga berdampak pada kelancaran usaha yang Anda jalankan.


Maka dari itu, pilihlah tempat yang minim kompetitor untuk menghindari persaingan pasar yang cukup ketat.


5. Lingkungan sekitar perumahan

Lingkungan perumahan yang padat penduduk juga dipercaya dapat meningkatkan prosentase penjualan dari usaha gorengan yang Anda jalankan. Karena selain untuk dikonsumsi sendiri, alasan lain warga perumahan membeli gorengan adalah sebagai makanan sajian bagi untuk tamu.


Jadi tidak salah jika Anda memilih lingkungan perumahan sebagai tempat strategis untuk menjalankan usaha gorengan yang Anda miliki.


6. Lingkungan pasar

Pasar juga merupakan tempat strategis untuk menjaring pembeli. Karena selain untuk membeli kebutuhan dapur, orang-orang yang ke pasar biasanya juga membeli jajanan untuk dibawa pulang sebagai cemilan keluarga.


Nah kondisi pasar yang ramai dan minat masyarakat untuk membeli jajanan bisa Anda manfaatkan untuk membuka stand gorengan sederhana di lingkungan pasar dengan harga yang relatif murah.


7. Lingkungan perkantoran

Nah lokasi terakhir sebagai tempat yang cocok untuk jualan gorengan adalah lingkungan perkantoran. Biasanya, di sela-sela antara jam kerja dan jam istirahat, tidak sedikit karyawan kantor yang mencari makanan ringan seperti gorengan untuk mereka cemil.


Nah Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk menjual makanan ringan seperti gorengan kekinian. Karena sudah dapat dipastikan gorengan yang Anda jual akan cepat habis dibeli oleh orang-orang yang ada lingkungan perkantoran itu sendiri.


Itulah beberapa tempat strategis yang cocok untuk berjualan gorengan. Mengingat tempat-tempat di atas merupakan lokasi yang ramai, sehingga akan sangat mudah bagi Anda untuk menjaring pembeli dari semua kalangan.


Namun yang perlu Anda ketahui bahwa dalam menjalankan usaha gorengan, tempat yang strategis bukalah faktor utama yang dapat membuat usaha Anda berkembang. Tapi masih ada faktor lainnya yang perlu Anda perhatikan.


Apa saja faktor yang lain dimaksud di atas? Faktor lain yang harus Anda perhatikan adalah seperti kualitas gorengan, Inovasi, dan branding sebagaimana yang akan kami jelaskan di bawah ini.


Faktor Penting Yang Perlu Diperhatikan Saat Jualan Gorengan

Seperti yang kami sampaikan di atas bahwa terdapat beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan pada saat ingin menjalankan usaha gorengan, selain pemilihan lokasi atau tempat jualan.


Adapun faktor lain yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Kualitas gorengan

Alasan seseorang tertarik untuk kembali membeli suatu produk adalah karena kualitasnya bagus. Karena itu, jika Anda ingin orang-orang kembali dan membeli gorengan yang Anda jual. Maka sebaiknya perhatikan kualitas gorengan Anda.


Cara untuk menjaga kualitas gorengan adalah dengan menggunakan bahan baku gorengan yang berkualitas bagus dan terjamin keamanannya, seperti minyak goreng, tepung, dan beberapa bahan lainnya.


Selain itu, usahakan gorengan yang Anda jual dalam keadaan panas. Jangan menjual gorengan dalam kondisi dingin karena hal itu dapat membuat pembeli enggan untuk membeli dagangan Anda.


2. Inovasi

Faktor penting kedua yang perlu diperhatikan pada saat jualan gorengan adalah inovasi. Tidak sedikit tentunya dimana pelaku usaha gorengan yang harus gulung tikar karena tidak bisa menyeimbangkan dengan kebutuhan pasar.


Beberapa inovasi yang bisa Anda implementasikan pada usaha gorengan Anda adalah tampilan dan jenisnya.


Untuk tampilan, Anda bisa membuatnya berbeda dengan gorengan pada umumnya. Bisa merubah tampilan gorengan itu sendiri atau pun pada kemasannya.


Sedangkan untuk jenis, Anda bisa menambahkan beberapa jenis gorengan seperti misalnya jamur crispy, tahu walik crispy, stick kentang crispy atau beberapa jenis gorengan lainnya untuk menambah varian gorengan yang Anda jual.


3. Branding

Faktor penting terakhir yang perlu diperhatikan pada saat jualan gorengan adalah branding. Sebenarnya branding sendiri termasuk ke dalam konsep promosi, dimana tujuannya adalah untuk mengenalkan produk yang Anda jual ke khalayak umum.


Caranya adalah dengan mencari nama yang unik untuk usaha gorengan Anda. Seperti contohnya mafia gedang, bozz gedang, dan lain sebagainya. Yang mana nama tersebut mudah dikenal oleh masyarakat banyak dan berpotensi viral di media sosial.


Penutup

Jadi pada intinya menjalankan usaha apapun harus bisa membaca peluang, begitu juga dengan usaha gorengan. Dimana salah satu peluang yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih tempat yang cocok untuk jualan gorengan yang Anda jalankan.


Namun demikian, selain pemilihan tempat. Faktor penting lainnya juga harus Anda perhatikan, seperti beberapa faktor yang kami sebutkan di atas. Karena sestrategis apapun tempat yang Anda pilih, jika faktor penting lainnya tidak Anda perhatikan. Maka akan terasa sulit bagi Anda untuk mengembangkan usaha gorengan yang Anda jalankan.


Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat serta membantu Anda untuk mengembangkan usaha gorengan yang Anda jalankan. Jangan lupa bantu share artikel ini agar yang juga merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "7 Tempat Yang Cocok Untuk Jualan Gorengan Biar Laris Manis"