5 Kelemahan Usaha Thai Tea Yang Wajib Diketahui Pemula

Konten [Tampil]
Kelemahan Usaha Thai Tea


Setiap bidang usaha tentunya memiliki potensi keuntungan yang cukup menjanjikan, termasuk juga usaha minuman thai tea. Namun demikian, dibalik potensi keuntungan tersebut terdapat kelemahan usaha thai tea yang perlu diperhatikan dan diketahui oleh pelaku usaha yang masih terbilang pemula.


Usaha thai tea merupakan satu dari sekian usaha minuman kekinian yang mulai banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk menambah penghasilan. Hal tersebut tidak terlepas dari potensi keuntungan yang dimiliki oleh usaha kuliner minuman ini.


Namun tahukah Anda bahwa usaha thai tea juga memiliki beberapa kelemahan yang notabene dapat menimbulkan kerugian jika tidak segera ditangani. Dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang kelemahan usaha thai tea guna mengantisipasi kemungkinan kerugian yang bisa dialami.


Adapun tujuan dari penulisan artikel kali ini adalah untuk membantu mereka yang notabene masih pemula dalam bidang usaha kuliner minuman kekinian seperti thai tea khususnya. Agar di tengah perjalanan usaha yang dijalani tidak mengalami kerugian.


Kelemahan Usaha Thai Tea

Seperti yang kami sampaikan diatas bahwa setiap usaha tentunya memiliki kelemahan, termasuk juga dengan usaha thai tea. Dimana kelemahan usaha thai tea bisa menjadi pemicu munculnya resiko kerugian dikemudian hari.


Oleh karena itu, agar dapat mengatasi setiap masalah dalam proses pengembangan usaha thai tea. Maka penting bagi pembisnis pemula mengetahui apa saja kelemahan dari usaha minuman kekinian ini.


Hasil dari beberapa survey yang pernah dilakukan. Diketahui bahwa terdapat beberapa kelemahan yang sering ditemui oleh pelaku usaha thai tea. Dimana kelemahan tersebut diantaranya adalah sebagai beriku:

1. Tingginya kompetitor

Tak dipungkiri dimana minat masyarakat terhadap minuman khas Thailand ini cukup tinggi. Sehingga membuat sebagian besar pelaku usaha tertarik untuk mulai menjalankannya.


Hampir di setiap daerah bisa kita temua beberapa pelaku usaha yang berjualan minuman thai tea. Bahkan untuk satu lokasi yang sama terdapat 2 sampai 3 orang yang jualan minuman kekinian ini.


Itu artinya, tingginya kompetitor menjadikan persaingan pasar cukup ketat. Sehingga mengharuskan pemula untuk melakukan analisis usaha thai tea secara tepat agar dapat meminimalisir tingginya persaingan pasar di lokasi tertentu.

 

2. Penurunan omset

Minuman thai tea umumnya disajikan dalam kondisi dingin. Dimana minuman ini akan lebih nikmat jika dikonsumsi dalam kondisi cuaca panas.


Nah ketergantungan akan musim juga menjadi salah satu kelemahan dari usaha ini. Karena pada saat musim hujan, tidak menutup kemungkinan minat masyarakat untuk mengkonsumsi thai tea menurun. Sehingga berdampak pada penurunan omset yang lumayan besar.


3. Sulitnya bahan baku

Seperti yang kita ketahui bahwa Negara asal dari minuman cup kekinian ini adalah Thailand. Dimana bahan baku yang digunakan merupakan teh hitam asli negara tersebut. Sehingga mengharuskan pelaku usaha untuk import bahan baku dari luar.


Nah kesulitan akan pemenuhan bahan baku juga menjadi salah satu kelemahan yang sering dirasakan oleh pelaku thai tea. Biasanya sebagian dari mereka memilih menggunakan teh Indonesia sebagai pengganti pada saat pasokan bahan baku menipis.


Namun tentunya, baik rasa atau pun aroma antara teh Thailand dengan Indonesia pasti berbeda. Sehingga tak jarang sebagian besar dari minuman thai tea di Indonesia memiliki rasa yang berbeda dengan negara aslinya.


4. Perubahan tren

Saat ini, mungkin thai tea merupakan satu dari sekian minuman cup yang lagi trend di kalangan masyarakat Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan minuman yang satu ini akan mengalami ketertinggalan seiring dengan berjalannya waktu.


Nah kondisi sebagaimana yang tersebut di atas, seperti perubahan tren juga menjadi salah satu dari kelemahan usaha minuman thai tea. Karena itu, bagi pengusaha pemula sebaiknya lebih mengantisipasi kemungkinan perubahan perubahan tersebut. Agar usaha yang dijalan tetap survive untuk kedepannya.


5. Efek samping

Seperti yang pernah dilansir oleh halodoc. Diketahui bahwa mengkonsumsi minuman thai tea dalam jumlah yang banyak disinyalir memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Karena dapat memicu insomnia, dehidrasi, hingga timbulnya efek kecanduan.


Efek samping sebagaimana yang tersebut di atas juga merupakan kelemahan dari usaha thai tea yang harus diperhatikan oleh pemula.


Maka dari itu, dalam memulai usaha thai tea sebaiknya bahan yang digunakan adalah bahan baku premium. Hal itu bertujuan untuk meminilisir dampak negatif yang mungkin ditimbulkan pada saat mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak.


Penutup

Dari pemaparan tentang kelemahan usaha thai tea sebagaimana yang tersebut di atas sangat penting sekali untuk diketahui oleh pemula. Pasalnya, dalam memulai usaha apapun. Pelaku usaha harus mengetahui apa yang menjadi kekuatan serta kelemahan dari usaha tersebut.


Mengenali adanya kekuatan serta kelemahan usaha bisa menjadi bahan untuk mengambil tindakan guna mencapai titik keberhasilan dari usaha itu sendiri.


Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi pemula yang ingin menjalankan bisnis minuman thai tea. Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang lain juga merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "5 Kelemahan Usaha Thai Tea Yang Wajib Diketahui Pemula"