Ketahui Cara Menjawab Pertanyaan Gaji Untuk Fresh graduate

Konten [Tampil]
Cara Menjawab Pertanyaan Gaji Untuk Fresh Graduate


Cara menjawab pertanyaan gaji untuk fresh graduate - Gaji merupakan hal yang cukup krusial dalam hubungan industrial. Pasalnya ketidak sesuaian gaji bisa menjadi salah satu pemicu munculnya peselisihan antara pengusaha dengan pekerja.


Oleh karena itu, maka tidak heran jika dalam tahapan seleksi karyawan pertanyaan tentang gaji sering kali kita temui.


Mungkin bagi yang sudah memiliki jam terbang atau pengalaman yang memadai. Menjawab pertanyaan tentang gaji pada saat interview tentunya tidak akan mengalami kesulitan.


Karena umumnya mereka sudah bisa mengetahui berapa gaji yang harus mereka terima sebagai balas jasa atas potensi dan pengalaman yang mereka miliki.


Lantas bagaimana dengan fresgra duate? Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang cara menjawab pertanyaan gaji untuk fresh graduate.


Dengan harapan pada saat mereka mengikuti tahapan seleksi interview, mereka dapat memberikan jawaban yang tepat agar bisa lolos pada tahapan tersebut.


Cara Menjawab Pertanyaan Gaji Untuk Fresh Graduate

Cara menjawab pertanyaan gaji untuk fresh graduate memang penting untuk dipahami. Karena dalam sesi interview, umumnya HRD akan menanyakan berapa besaran gaji yang Anda harapkan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang Anda lamar.


Jadi agar Anda tidak merasa kebingungan untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka tidak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa cara menjawab pertanyaan gaji seperti yang tersebut di bawah ini: 

1. Cari informasi mengenai pasaran gaji fresh graduate

Cara pertama yang perlu Anda lakukan untuk bisa menjawab pertanyaan gaji pada saat interview kerja adalah dengan mencari informasi terlebih dahulu tentang pasaran gaji untuk fresh graduate.


Tentunya antara fresh graduate SMA dan Strata 1 (S1) berbeda menyesuaikan potensi yang dimiliki.


Umumnya, gaji untuk fresh graduate SMA menyesuaikan dengan nilai upah minimum daerah masing-masing. Sedangkan bagi fresh graduate Strata 1 (S1) berkisar diantara 4 juta sampai 5 juta tergantung potensi dan beban kerja posisi yang dilamar.


Jadi bagi Anda yang merupakan fresh graduate SMA, ada baiknya untuk mencari informasi terlebih dahulu berapa besaran upah minimum di daerah Anda atau perusahaan yang Anda lamar.


2. Buat estimasi gaji yang diharapkan

Setelah Anda mengetahui berapa besaran gaji untuk fresh graduate di pasaran. Maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat estimasi gaji yang Anda harapkan.


Tujuan dari pembuatan estimasi tersebut adalah agar Anda punya patokan nilai pasti untuk menjawab pertanyaan gaji pada saat interview kerja.


Jadi Anda bisa mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi terkait gaji pasaran, dan selanjutkan buatkan list nilai gaji yang Anda harapkan dengan menimbang juga potensi yang Anda miliki.


3. Pastikan gaji yang diharapkan sesuai dengan kemampuan

Memastikan gaji yang diharapkan sesuai dengan potensi yang dimiliki juga merupakan cara menjawab pertanya gaji untuk fresh graduate yang perlu diperhatikan.


Karena seperti yang kami sampaikan di atas bahwa nilai atau besaran gaji juga didasarkan atas kemampuan seorang kandidat dalam menerima dan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab pekerjaan.


Oleh karena itu, sebelum Anda mematok besaran gaji yang Anda inginkan. Sebaiknya Anda menilai kemampuan Anda terlebih dahulu agar perusahaan yang Anda lamar bisa menerima Anda sebagai karyawannya.


4. Bersikap tenang

Dan untuk cara yang satu ini lebih kepada pembawaan diri. Usahakan pada saat interview gaji Anda selalu bersikap tenang. Pasalnya bersikap tenang pada saat interview dapat memberikan kesan kredibilitas yang tinggi.


Sikap yang tenang juga dapat membantu Anda dalam melakukan negosiasi gaji dengan mudah. Sehingga target gaji yang Anda harapkan bisa disetujui oleh pihak perusahaan.


5. Hindari negosiasi gaji saat interview

Pada sesi interview HRD memang akan menanyakan berapa besaran gaji yang Anda harapkan. Hal ini bukan berarti bersifat tawaran, melain hanya sekedar pertanyaan. Jadi pada saat HRD menanyakan hal tersebut, usahakan sampaikan estimasi gaji yang sudah Anda buat sebelumnya.


Namun bukan berarti pertanyaan dari HRD perihal besaran gaji ini hanya bersifat formalitas saja. Sehingga Anda terkesan mengambaikan dengan menjawab ala kadarnya. Berikan jawaban yang serius yang dapat menambah impresif tentang diri Anda.


Terus caranya bagaimana? Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengikuti beberapa cara yang sebelumnya sudah kami jelaskan di atas.


Penutup

Menghadapi pertanyaan gaji pada saat interview memang cukup membingungkan, khususnya bagi fresh graduate yang notabene belum ada pengalaman mengikuti interview kerja. Namun hal tersebut tidak akan Anda rasakan jika Anda sudah mengetahui cara menjawab pertanyaan gaji untuk fresh graduate seperti yang telah kami sampaikan di atas.


Namun hal terpenting yang perlu Anda ketahui pada saat interview kerja, jangan sampai Anda menanyakan tentang fasilitas yang diberikan oleh perusahaan, termasuk gaji. Sebelum ada pertanyaan dari HRD. Karena jika itu Anda lakukan, maka tidak besar kemungkinan Anda akan kehilangan kesempatan diterima di perusahaan yang Anda lamar.


Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat serta membantu Anda dalam menemukan cara yang tepat untuk menjawab pertanyaan gaji dari HRD. Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang lain juga merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Cara Menjawab Pertanyaan Gaji Untuk Fresh graduate"