Ketahui Cara Menjadi Karyawan Yang Baik Di Tempat Kerja

Konten [Tampil]
Cara Menjadi Karyawan Yang Baik


Cara menjadi karyawan yang baik - Dalam hubungan industrial dikenal juga istilah hak dan kewajiban karyawan. Dimana hak dasar seorang karyawan adalah menerima upah yang layak. Sedangkan kewajiban karyawan adalah bekerja sebaik mungkin demi keberhasilan perusahaan.


Bekerja dengan baik sesuai prosedur yang telah ditentukan sudah menjadi keharusan bagi setiap karyawan. Karena selain merupakan kewajiban, bekerja dengan baik juga dapat membantu mereka mendapatkan penghargaan atau kenaikan jabatan yang lebih tinggi, karena dinilai berhasil menjadi karyawan yang baik oleh perusahaan.


Pada dasarnya untuk menjadi karyawan yang baik cukuplah mudah, yaitu dengan menjalankan kewajiban sebagai seorang karyawan dan mengikuti beberapa cara sebagaimana yang akan kami bagikan di bawah ini.


Cara Menjadi Karyawan Yang Baik

Cara menjadi karyawan yang baik tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Cukup dengan menjalankan pekerjaan sesuai SOP dan berkontribusi penuh demi kesuksesan perusahaan, Anda sudah bisa mendapatkan penilain baik dari perusahaan tempat Anda bekerja.


Karyawan yang dipercaya oleh perusahaan sebagai karyawan yang baik, cenderung akan lebih mudah untuk mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik dibandingkan mereka yang kinerjanya biasa-biasa saja tanpa improvement sama sekali.


Dan bagi yang ingin menjadi karyawan yang baik, Anda bisa mengikuti beberapa cara seperti di bawah ini:

1. Bangun disiplin kerja

Cara pertama untuk membangun penilaian sebagai karyawan yang baik adalah dengan memperbaiki disiplin kerja Anda, seperti kehadiran dengan datang dan pulang tepat waktu, mematuhi setiap aturan di perusahaan, dan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan cepat dan sebaik mungkin.


2. Perbaiki kualitas hasil kerja

Tentunya setiap perusahaan menginginkan semua karyawannya bekerja dengan baik sehingga bisa menghasilkan kualitas hasil kerja yang baik pula. Maka dari itu, cara kedua untuk menjadi karyawan yang baik adalah dengan memperbaiki kualitas hasil kerja Anda.


Kualitas hasil kerja yang dimaksud adalah menerima setiap tugas yang diberikan dan menyelesaikannya tepat waktu dengan hasil yang sesuai kebutuhan perusahaan. Jika Anda dapat memperbaiki hal tersebut, maka bukan tidak mungkin Anda akan dinilai sebagai karyawan yang baik oleh perusahaan.


3. Selalu melibatkan rekan kerja dalam bekerja

Bekerja dengan melibatkan rekan kerja atau tim merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan bersama dan menyelesaikan pekerjaan secara efisien. Selain itu, bekerjasama juga dapat membangun hubungan emosional yang baik antar karyawan.


Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi karyawan yang baik adalah dengan melibatkan rekan kerja dalam menyelesaikan setiap tugas perusahaan. Pasalnya, karyawan yang bisa membangun kerjasamanya yang baik cenderung mampu menciptakan suasana kerja yang positif dan nyaman.


4. Berikan kontribusi positif dan lebih ke perusahaan

Setiap perusahaan umumnya lebih senang mempertahankan karyawan yang kreatif dan inovatif dalam bekerja. Artinya, perusahaan lebih tertarik kepada karyawan yang punya inisiatif bekerja lebih baik dari sebelumnya demi kesuksesan perusahaan.


Jadi jika Anda ingin menjadi karyawan yang baik, caranya adalah dengan bekerja secara inisiatif untuk menemukan hasil kerja yang lebih baik dari sebelumnya agar atasan Anda terkesan dengan hasil kerja Anda.


5. Menjadi contoh yang baik

Cara lainnya untuk menjadi karyawan yang baik adalah dengan menjadi contoh yang baik untuk karyawan yang lain di perusahaan tempat Anda bekerja. Anda bisa memberikan contoh mulai dari bagaimana bersikap, menerima dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, berhubungan baik dengan atasan dan rekan kerja, serta semangat kerja yang tinggi.


6. Manjadi karyawan yang loyal

Loyal atau loyalitas merupakan salah satu sikap yang sangat disukai oleh perusahaan. Loyalitas sendiri merupakan tindakan yang menunjukkan dukungan serta kepatuhan karyawan terhadap perusahaan.


Umumnya, karyawan dengan loyalitas yang tinggi cenderung mampu menerima dan mengerjakan tugas pekerjaan dengan baik tanpa mengeluh sedikitpun. Maka dari itu, jika Anda ingin disukai oleh perusahaan dan dinilai sebagai karyawan baik, maka jadilah karyawan dengan loyalitas yang tinggi.


7. Berhubungan baik dengan atasan

Hubungan antara atasan dan karyawan bukan hanya sebatas pekerjaan saja. Melainkan juga termasuk hubungan emosional yang baik. Pasalnya, hubungan emosional yang baik antara atasan dan karyawan mampu membangun sinergitas kerja yang baik pula.


Oleh karena itu, bangunlah hubungan baik dengan atasan Anda. Jika ada kekurangan dari atasan Anda, maka lengkapi kekurangan tersebut dengan kelebihan yang Anda miliki untuk menyelesaikan pekerjaan bersama.


8. Pahami visi dan misi perusahaan

Memahami visi dan misi perusahaan juga merupakan salah satu cara untuk menjadi karyawan yang baik. Karena dengan memahami visi dan misi perusahaan, Anda akan lebih mudah membantu perusahaan untuk mencapai tujuan dengan rencana kerja yang baik dan terstruktur.


9. Membangun hubungan baik dengan client

Client juga menjadi aspek penting dalam kesuksesan perusahaan karena pergerakan usaha perusahaan juga dipengaruhi oleh adanya client itu sendiri. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membangun hubungan baik dengan client agar kepercayaan client terhadap perusahaan tetap terjaga.


10. Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan kerja merupakan salah satu indikator kepuasan kerja. Oleh karena itu, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif mampu memberikan impact yang positif juga terhadap hasil kerja karyawan.


Nah, buat Anda yang ingin menjadi karyawan yang baik bisa dengan cara membuat lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif. Bisa mulai dari menjalin hubungan harmonis antar karyawan, sampai dengan memberikan saran layout ruangan yang nyaman buat karyawan semua.


11. Melibatkan Tuhan YME

Dan yang terakhir jika Anda ingin menjadi karyawan yang baik adalah dengan melibatkan Tuhan dalam setiap usaha atau kerja Anda. Ikhlas menerima tugas dan bersyukur atas pendapatan yang diperoleh sampai saat ini merupakan upaya melibatkan Tuhan dalam setiap pekerjaan kita.


Jadi pada intinya, untuk menjadi karyawan yang baik sebenarnya tidak susah karena semua tergantung pada pribadi masing-masing karyawan ingin berubah jauh lebih baik atau tidak. Hanya saja perlua diketahui bahwa dengan bekerja sebaik mungkin, maka hasil yang akan diperoleh tentu juga akan lebih baik.


Dan bagi Anda yang mengenal atau mengetahui seperti apa ciri-ciri karyawan yang baik menurut perusahaan. Simak terus pembahasan seperti di bawah ini.


Ciri-ciri Karyawan Yang Baik

Setiap karyawan tentu memiliki masing-masing ciri yang sesuai dengan kinerjanya. Baik itu karyawan type biasa, pencari muka, atau pun karyawan yang baik dengan hasil kerja yang juga baik.


Berikut ini ciri-ciri karyawan yang baik menurut situs times of India

1. Bekerja secara sukarela

Ciri pertama dari karyawan yang baik biasanya memiliki inisiatif yang tinggi untuk menyelesaikan setiap tugas secara sukarela tanpa menunggu perintah atasan.


Sebagian besar dari mereka biasanya menyukai setiap tantangan dan termotivasi untuk menunjukkan diri dengan cara bekerja dengan keras tanpa harus diperintah.


2. Memiliki pengetahuan tentang perusahaan

Ciri lainnya dari karyawan yang baik adalah memiliki pengetahuan memadai tentang perusahaan tempat dimana mereka bekerja.


Pengetahuan yang dimaksud bisa berupa informasi tentang tugas dan tanggungjawab, kesadaran komersial tentang pasar, competitor, dan budaya kerja di perusahaan itu sendiri.


3. Dicontoh oleh karyawan lain

Umumnya karyawan yang baik akan menjadi trendsetter di lingkungan kerjanya. Baik dari cara kerja, bersikap, dan menyelesaikan setiap masalah di tempat kerja akan ditiru oleh karyawan yang lain.


Selain menjadi inspirator buat karyawan yang lain, ciri dari karyawan yang baik umumnya lebih disukai oleh banyak orang baik itu rekan kerja atau pun atasan karena memiliki kapabelitas yang tinggi.


4. Biasa dengan kritik dan saran dari orang lain

Ciri lain yang umum terlihat dari karyawan yang baik adalah terbiasa bahkan senang menerima kritikan dan saran dari orang lain termasuk atasan. Hal itu tidak terlepas dari semangat mereka untuk berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya.


5. Menjadi motivator buat orang lain

Selain beberapa ciri yang tersebut di atas. Terdapat ciri yang umum terlihat dari karyawan yang baik, yaitu selalu menjadi motivator untuk karyawan yang lain. Mereka senang memotivasi rekan kerja untuk meningkatkan produktivitas kerja secara bersama-sama.


Kesimpulan

Itulah bebera cara menjadi karyawan yang baik berikut dengan ciri-cirinya. Semoga informasi yang kami sampaikan inidapat memberikan manfaat serta dapat menumbuhkan semangat kerja kita dan menjadi salah satu dari karyawan terbaik di tempat dimana kita bekerja.


Jangan lupa bantu share artikel agar orang lain juga bisa merasakan manfaatnya. Dan jika dirasa ada saran sebagai umpan balik dari artikel ini. Silahkan tambahkan pada kolom comment di bawah. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Cara Menjadi Karyawan Yang Baik Di Tempat Kerja"