Ketahui Syarat Melamar Kerja yang Harus Dimiliki Oleh Pelamar

Konten [Tampil]
Syarat Melamar Kerja


Syarat melamar kerja - Melamar kerja merupakan upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan. Umumnya, setiap orang yang sudah lulus dari dunia pendidikan, baik itu SMA atau pun pengguruan tinggi akan berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan swasta, BUMN, ataupun di Lembaga pemerintahan.


Namun sayangnya, melamar pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan karena selain harus membekali diri dengan potensi, skill, dan pengalaman, para pelamar kerja juga harus memenuhi beberapa syarat melamar kerja yang dibutuhkan oleh beberapa perusahaan.


Beberapa persyaratan lamaran kerja yang harus dipenuhi oleh pelamar, salah satunya adalah berkas lamaran kerja. Apa saja berkas lamaran kerja yang dimaksud? Selenkapnya akan kami bahas di bawah ini buat Anda ketahui.


Syarat Melamar Kerja

Sebelum Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan yang Anda inginkan. Sebaiknya terlebih dahulu Anda mengetahui beberapa urutan berkas lamaran kerja yang menjadi syarat melamar kerja di beberapa perusahaan. Dimana diantara urutan syarat melamar kerja yang dimaksud adalah:

1. Surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja merupakan satu dari sekian syarat yang harus dipenuhi dalam melamar pekerjaan. Dalam membuat surat lamaran kerja harus menggunakan bahasa formal yang baik, sopan dan jelas agar bisa lolos dan terima oleh HRD.


2. Curriculum Vitae / CV

Syarat yang kedua yang harus dilengkapi adalah curriculum vitae atau CV. CV merupakan daftar riwayat hidup yang berisi data diri, mulai dari Nama, alamat, pendidikan, pengalaman kerja, skill, dan informasi lainnya untuk mendeskripsikan tentang diri Anda. 


Dalam membuat CV harus semanarik mungkin agar dapat menarik minat HRD. Dan untuk membuat CV yang menarik, anda bisa menggunakan beberapa aplikasi cara membuat CV lewat hp.


3. Foto copy Ijazah / transkip nilai

Selain berkas yang tersebut di atas, foto copy ijazah / transkip nilai juga menjadi syarat melamar kerja yang harus dimiliki oleh pelamar kerja. Jadi bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan, jangan lupa untuk melampirkan foto copy ijaza terakhir yang sudah dilegalisir. Berkas ini digunakan sebagai bukti legalitas bahwa Anda benar-benar lulusan SMA/perguruan tinggi sesuai yang Anda sebutkan dalam CV.


4. Foto copy KTP

Data pribadi seperti KTP juga menjadi salah satu berkas yang harus dilengkapi. Kartu tanda penduduk / KTP cukup Anda foto copy sebagai lampiran surat lamaran. KTP ini diperuntukkan sebagai informasi data diri yang juga dibutuhkan oleh perusahaan.


5. Surat keterangan sehat

Yang dimaksud dengan surat keterangan sehat disini adalah surat keterangan yang dikeluarkan atau diberikan oleh Dokter dan menyatakan bahwa Anda siap untuk bekerja. Tentunya berkas yang satu ini juga penting bagi perusahaan. Pasalnya, perusahaan tidak mau merekrut karyawan yang dalam kondisi tidak sehat karena akan berdampak buruk pada produktivitas kerja.


6. Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)

Surat keterangan catatan kepolisian atau yang lebih dikenal dengan SKCK juga menjadi syarat yang harus dilampirkan pada saat melamar kerja. Berkas ini dibutuhkan untuk memastikan diri Anda tidak pernah atau dalam masalah hukum.


7. Foto copy kartu BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan

Lampiran lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan. Pasalnya, bagi mereka yang sudah memiliki kartu BPJS akan dilanjutkan kepesertaannya oleh perusahaan yang baru. Dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku bahwa setiap karyawan diwajibkan untuk terdaftarkan di program BPJS Ketengakerjaan dan Kesehatan.


8. Foto copy NPWP

Untuk kebutuhan menjalankan ketentuan perpajakan. Setiap perusahaan mengharuskan pelamar kerja untuk melampirkan NPWP. Namun bagi yang belum memiliki NPWP diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu sebelum dinyatakan diterima. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat NPWP terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan, agar peluang diterimanya lebih besar.


9. Kartu kuning (AK 1) dari Disnaker

Bagi sebagian perusahaan juga mengharuskan pelamar kerja untuk melampirkan kartu kuning (AK 1) yang diberikan atau dikeluarkan oleh Disnaker. Selain sebagai syarat untuk melamar kerja, kartu kuning ini juga diperuntukkan untuk pendataan pencari kerja oleh Dinas Ketenagakerjaan.


10. Sertifikat vaksin 1 & 2

Dengan semakin meluasnya kasus covid 19 akhir-akhir ini, menjadi pertimbangan bagi beberapa persuahaan untuk merekrut mereka yang sudah melakukan vaksinasi. Baik vaksin satu atau pun dua. Jadi, bagi Anda yang belum melaksanakan vaksinasi sebaiknya segera vaksin sebelum melamar pekerjaan.


11. Pas photo

Persyaratan terakhir dalam melamar kerja adalah pas photo. Ukuran pas photo yang umum dijadikan syarat melamar kerja adalah 2x3, 3x4, atau 4x6 masing-masing sebanyak 2 lembar. Usahakan juga photo yang dikirimkan adalah foto dengan kualitas bagus agar lebih menarik dan bukan photo lama.


Penutup

Nah itulah beberapa syarat melamar kerja yang harus dimiliki oleh pelamar pada saat melamar pekerjaan. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan yang Anda inginkan, sebaiknya lengkapi terlebih beberapa syarat melamar kerja sebagaimana yang tersebut di atas. Agar peluang diterima bekerja oleh perusahaan/HRD terbilang tinggi.


Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat dan dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Jangan lupa share artikel ini agar yang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Syarat Melamar Kerja yang Harus Dimiliki Oleh Pelamar"