Ketahui Alasan Kenapa Bersikap Bodo Amat Itu Perlu

Konten [Tampil]
Alasan Kenapa Bersikap Bodo Amat Itu Perlu


Bersikap bodo amat terhadap hal-hal yang tidak penting dalam hidup kita justru akan menyelamatkan kita dari ketersesatan berfikir. Pasalnya, orang yang cenderung memikirkan semua hal ujung-ujungnya akan stress dan depresi.


Seperti yang kita ketahui bahwa stress sendiri dapat memicu munculnya beragam penyakit, baik itu penyakit psikis maupun fisik. Jadi bagi mereka yang termasuk tipikal orang yang pemikir tentang segala hal tanpa memilah dan memilih, maka bisa dipastikan hidupnya jauh dari kata tenang dan nyaman.


Maka dari itu, disinilah pentingnya mengetahui cara bersikap bodo amat dalam menjalani hidup sehari-hari. Tapi bukan berarti bodo amat terhadap semua hal. Ada kondisi dan situasi dimana kita perlu untuk bersikap bodo amat yang kecenderungannya dapat membuat hidup kita tidak tenang dan tidak nyaman.


Alasan Kenapa Bersikap Bodo Amat Itu Perlu

Tentunya ada banyak pertimbangan kenapa kita perlu bersikap cuek terhadap sesuatu yang tidak penting dalam hidup kita. Dimana salah satu pertimbangannya adalah ketenangan dalam menjalani hidup. Selain itu, ada beberapa pertimbangan lainnya seperti di bawah ini:


1. Agar tidak minder

Mungkin tidak sedikit dari kita yang punya teman dimana hobynya suka pamer dalam segala hal. Kebanyakan dari mereka melakukan perilaku tersebut termotivasi oleh dua hal. Pertama mereka mencari perhatian, dan yang kedua mereka ingin terlihat lebih superior dibanding yang lainnya. Nah untuk menghadapi teman yang seperti ini, maka Anda perlu untuk bersikap bodo amat agar Anda tidak minder dan membuat mental Anda down karena memandingkan diri dengan orang lain.


2. Agar hidup lebih tenang

Umumnya, kita akan merasa menderita atau sedih ketika ada orang lain yang memandang atau menilai diri kita jelek. Sehingga tanpa disadari kita terdorong untuk membuat orang lain senang walau harus mengorbankan diri kita sendiri. Nah disinilah alasan kenapa bersikap bodo amat itu perlu. Jadi merasa bodo amat terhadap penilain orang lain akan membantu kita menyadari bahwa kita tidak bisa mengendalikan pandangan orang terhadap diri kita. Jadi easy going saja dengan penilaian mereka agar tidak mengalami tekanan batin.


3. Agar tidak gila pujian

Alasan lainnya kenapa bersikap bodo amat itu perlu adalah karena tidak semua pujian orang lain itu bermaksud baik. Adakalanya pujian yang orang lain tunjukkan pada diri kita hanya sekedar basa-basi, bercanda, atau bahkan bentuk hinaan. Pasalnya, tidak semua orang ingin diungguli dalam semua hal. Oleh karena itu, bersikaplah bodo amat terhadap segala bentuk pujian dari orang lain agar kita tidak merasa paling sempurna.


4. Agar tidak mudah tertipu

Memiliki rasa empati terhadap orang lain itu memang penting, namun jangan berlebihan. Artinya, kita harus benar-benar bisa lebih selektif dalam membantu orang lain. Misalnya, ada orang yang ingin pinjam uang untuk keperluan konsumtif atau tidak terlalu urgent. Maka kita perlu untuk bersikap bodo amat, agar tidak merasa tertipu di kemudian hari karena uang yang kita pinjamkan tidak kembali. Pasalnya, orang yang pinjam uang untuk keperluan konsumtif cenderung susah waktu ditagih.


5. Agar mudah menjadi sukses

Bodo amat terhadap hal-hal yang tidak penting dan minim manfaat tentu akan membawa kesuksesan dalam hidup kita. Mengingat, orang dengan sikap bodo amat lebih selektif dan cenderung memilih untuk memikirkan hal-hal yang positif dibanding memikirkan omongan orang lain yang belum tentu benar.


6. Agar terhindar dari penyakit

Salah satu pemicu munculnya beragam penyakit adalah fikiran yang tidak tenang. Stress yang berlebih dapat menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga dapat mengancam kesehatan jantung. Oleh karena itu, kenapa bersikap bodo amat itu penting, karena salah satu manfaatnya adalah agar terhindar dari penyakit yang membahayakan. Dengan bersikap bodo amat, kita hanya akan fokus pada hal-hal yang memiliki dampak positif bagi kehidupan kita sehingga fikiran jauh lebih tenang.


7.  Agar dapat mengontrol emosi

Penilaian orang lain yang notabene tidak sesuai dengan kenyataannya tentu akan menyulut emosi kita. Namun tidak demikian bagi orang-orang yang cuek dengan omongan dan penilaian orang lain. Mereka cenderung lebih bisa mengontrol emosi mereka dan merubah hal negatif menjadi positif. Disinilah pentingnya untuk bersikap bodo amat pada kondisi dan situasi tertentu.


Pada dasarnya, bersikap bodo amat itu adalah upaya untuk menjalani hidup agar lebih tenang dengan hanya memikirkan hal-hal yang dianggap penting. Namun bukan berarti tidak peduli akan semual hal yang terjadi di lingkungan sekitar. Ada proses memilah dan memilih pada setiap kejadian mana yang perlu dipikirkan dan mana yang tidak.


Demikianlah informasi tentang kenapa bersikap bodo amat itu perlu dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan kita semua tentang kenapa bersikap bodo amat itu perlu dalam menjalani hidup sehari-hari. Jangan lupa bantu share artikel ini agar yang lain juga dapat menerima manfaatnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Alasan Kenapa Bersikap Bodo Amat Itu Perlu"