7 Cara melamar kerja lewat email di hp ini wajib Anda ketahui

Konten [Tampil]
Cara Melamar Kerja Lewat Email


Perkembangan era digital yang cukup pesat tentunya sangat membantu sekali dalam pemenuhan setiap kebutuhan manusia. Termasuk juga dalam kebutuhan melamar dan mendapatkan kerja yang dinginkan.


Jika dulu melamar kerja hanya bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke tempat atau perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan. Namun sekarang cara konvensional seperti ini sudah tergantingan oleh kecanggihan digitalisasi, yaitu cukup dengan lewat email tanpa harus datang langsung ke perusahaan.


Namun sayangnya, kemajuan digital tidak diimbangi dengan kesiapan manusia dalam menghadapi kemajuan tersebut. Dimana ketidak siapan itu bisa dilihat dari tidak sedikitnya para pelamar kerja yang belum paham bagaimana cara melamar kerja lewat email yang ada di hp atau smartphone mereka.


Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi buat anda tentang cara melamar kerja lewat email hp. Agar upaya-upaya untuk mendapatkan pekerjaan bisa lebih mudah dan efisien tentunya.


Cara Melamar Kerja Lewat Email di HP

Saat ini melamar pekerjaan yang Anda inginkan sudah bisa dilakukan melalui email di hp. Tentunya cara ini akan mempermudah Anda untuk mengirimkan dan mendapatkan pekerjaan tanpa harus datang langsung ke tempat atau perusahaan yang sedang membutuhkan tambahan tenaga kerja. Cara yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Buat akun email

Karena tujuannya adalah melamar kerja lewat email, tentu yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah membuat akun email. Usahakan dalam membuat akun email menggunakan nama Anda, jangan menggunakan nama samaran yang tekesan alay, seperti bocilepep@gmaildotcom, adeggmuaniiizzz@gmaildotcom, atau nama alay lainnya.


2. Scan dokumen

Langkah awal dalam melamar kerja lewat email adalah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat melamar kerja dengan cara discan. Hal ini diperlukan guna mempermudah pengiriman dokumen yang dimaksud melalui email di hp Anda. Mengenai kelengkapan dokumen yang harus Anda persiapkan bisa Anda baca pada artikel tentang syarat melamar kerja yang sebelumnya sudah kami tulis.


3. Tulis alamat email tujuan

Agar email dan dokumen pendukungnya sampai pada tujuan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menuliskan alamat email perusahaan yang tertera di lowongan kerja. Umumnya, perusahaan akan menuliskan alamat email di postingan lowongan pekerjaan. Nah alamat email yang perlu Anda tulis adalah alamat email yang tertera tersebut.


4. Tulis subjek

Setelah alamat email perusahaan sudah Anda tulis, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan menuliskan subject. Biasanya, penulisan subject ini menyesuaikan posisi yang Anda lamar. Contoh, jika Anda melamar posisi Supervisor Produksi, maka pada kolom subject bisa Anda tuliskan posisi tersebut. Tujuan dari penulisan subject ini untuk menjelaskan kepada perusahaan/recruiter posisi yang Anda lamar.


5. Tulis kata pengantar

Alamat email perusahaan sudah terisi, dan subject juga sudah lengkap. Maka langsung pada pokoknya, yaitu penulisan kata pengatar. Dalam menulis kata pengantar hampir sama dengan penulisan surat lamaran.


6. Penutup

Setelah kata pengantar selesai Anda tulis, maka yang terakhir adalah penutup. Dalam penulisan kata penutup usahakan Anda sisipkan kata-kata yang mengandung ketertarikan Anda terhadap lowongan kerja yang Anda lamar.


7. Koreksi kembali

Langkah terakhir dalam melamar kerja lewat email adalah dengan mengoreksi kembali kelengkapan dokumen, alamat email tujuan, subject, kata pengantar dan penutup. Jangan sampai email yang yang Anda kirimkan terdapat kekurangan, karena kemungkinan keterimanya akan sedikit. Jadi sebaiknya dikoreksi kembali sebelum Anda kirimkan.


Demikian informasi tentang 7 cara melamar kerja lewat email di hp. Dengan memanfaatkan kemajuan digital tentu akan mempermudah Anda dalam melamar pekerjaan yang Anda inginkan. Hanya saja harus lebih bijak dalam menggunakannya. Jangan sampai hanya karena kemudahan, Anda bebas mengirimkan lamaran berulang-ulang. Yang demikian ini akan dianggap spam dan sangat kurang disukai oleh recruiter.


Semoga informasi ini bermanfaat, sehingga Anda bisa melemar dan mendapatkan pekerjaan hanya lewat email di hp Anda. Jangan lupa bantu share artikel ini agar pembaca lainnya juga marasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "7 Cara melamar kerja lewat email di hp ini wajib Anda ketahui"