Ketahui Cara Tepat Agar Lolos Seleksi Administrasi

Posting Komentar
Cara Lolos Seleksi Administrasi


Cara lolos seleksi adminitrasi - Seperti yang kita ketahui bahwa dalam proses rekrutmen, tahapan awal yang harus dilalui oleh pelamar kerja adalah seleksi administrasi. Dimana pada tahapan awal tersebut, HRD akan menyeleksi dengan melihat kelengkapan dokumen yang menjadi syarat dalam melamar kerja.


Dari hasil pemeriksaan dokumen tersebut akan diputuskan lolos ke tahapan berikutnya atau tidak. Jadi jika dokumen yang dibutuhkan kurang lengkap, maka kemungkinan lolos seleksi administrasi akan kecil.


Berangkat dari hal di atas, pada kesempatan kali ini buatanda.com akan berbagi informasi tentang cara tepat agar lolos seleksi administrasi. Yang mana informasi ini diharapkan dapat membantu para pelamar kerja lolos dan melanjutkan pada tahapan proses rekrutmen selanjutnya.


Cara Agar Lolos Seleksi Administrasi

Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui jika Anda ingin lolos dari seleksi admisnistrasi. Dimana beberapa hal tersebut korelasinya dengan kelengkapan syarat-syarat administrasi dalam melamar pekerjaan.


Selain itu, terdapat pula beberapa cara atau langkah tepat yang perlu diperhatikan jika ingin lolos seleksi administasi. Apa saja cara tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Perhatikan persyaratan yang harus dilengkapi secara teliti

Dalam melamar pekerjaan tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja. Oleh karena itu, penting bagi pelamar kerja untuk memperhatikan syarat-syarat yang harus dilengkapi secara teliti.

Agar surat lamaran yang kita kirimkan diterima dan lolos pada tahapan seleksi administrasi. Pasalnya, jika syarat-syarat yang dibutuhkan oleh perusahaan kurang lengkap, maka kemungkinan besar HRD akan menilai bahwa tingkat ketelitian kita kurang dan kemungkinan lolos pun kecil.


2. Siapkan semua syarat yang dibutuhkan

Setelah Anda memperhatikan syarat-syarat yang harus dimiliki oleh pelamar kerja secara teliti. Cara kedua yang perlu lakukan adalah dengan menyiapkan semua syarat-syarat tersebut. Umumnya, syarat-syarat administrasi yang diperlukan adalah berupa surat lamaran lengkap, CV terbaru, photo 4x6 2 lembar, Foto copy data diri seperti KTP, NPWP, Ijazah, dan beberapa sertifikat pelatihan yang pernah Anda ikuti.

Beberapa persyaratan seperti yang tersebut di atas merupakan persyaratan umum dari proses rekrutmen karyawan. Jadi alangkah baiknya untuk lebih memperhatikan dan menyiapkan semua syarat yang dibutuhkan sebelum dikirimkan, mengingat setiap perusahaan memiliki kualifikasi tertentu dalam proses rekruitmen.


3. Pastikan scan dokumen menggunakan alat yang berkualitas bagus

Biasanya, dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan dalam proses rekrutmen dikirimkan dalam bentuk soft copy jika melamarnya lewat email. Jadi, penting bagi Anda untuk menggunakan alat scan yang berkualitas bagus.

Hal ini untuk menghindari kerusakan file yang membuatnya sulit dibaca. Karena beberapa HRD kurang begitu tertarik untuk membaca dokumen yang kualitasnya filenya kurang bagus. Sehingga kemungkinan tidak lolosnya dalam seleksi administrasi cukup tinggi, karena dokumen yang dikirimkan tidak jelas dan sulit dibaca.


4. Dokumen dikompres terlebih dahulu sebelum dikirim

Jika Anda mengirimkan lamaran kerja melalui email, usahakan dokumen yang akan dikirimkan dikompres telebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari file corrupt pada saat dikirim. 

Umumnya dokumen yang akan dikirim akan dikompres atau diperkecil menjadi 500kb, namun aktivitas kompres file ini tidak mengurangi kualitas dokumen, jadi masih tetap bagus dan terkesan professional.


5. Melegalisir Ijazah / SKHU

Cara lain yang tak kalah penting juga dalam melamar pekerjaan adalah melegalisir ijazah / SKHU terakhir. Hal ini dibutuhkan untuk menerangkan bahkan nilai akhir akademis kita benar-benar asli dan jelas legalitasnya.

Tidak sedikit tentunya perusahaan yang benar-benar memperhatikan keaslian dokumen pada saat menyeleksi berkas lamaran yang masuk. Sehingga penting bagi Anda untuk melegalisir semua dokumen yang menjadi syarat kelolosan seleksi administrasi, sebelum Anda kirimkan.


6. Memastikan pas photo berkualitas bagus

Cara terakhir untuk bisa lolos seleksi awal dalam tahapan proses rekrutmen adalah dengan memastikan photo yang Anda kirim memiliki kualitas yang bagus. Memang sedikit terkesan sepele, namun hal ini juga bisa menjadi penentu kelolosan Anda dalam mengikuti proses rekrutmen.

Jadi jika Anda ingin melamar pekerjaan dan ingin lolos pada tahapan awal proses rekrutmen. Usahakan photo yang dikirimkan adalah photo dengan kualitas terbaik. Adapun kriteria photo dengan kualitas bagus adalah sebagai berikut:

- Baju yang dikenakan rapi dan memiliki kesan professional

- Boleh menggunakan lipstick asal tidak terlalu tebal

- Rambut tidak diwarnai kecuali warna alami

- Telinga harus terlihat (kecuali bagi yang berjilbab)

- Background yang digunakan adalah satu warna

- Photo merupakan photo terbaru


Kesimpulan

Melamar pekerjaan memang mudah, namun untuk lolos cukup sulit, karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja. Seleksi administrasi merupakan tahapan awal dari proses rekrtumen, dimana berkas atau dokumen yang dikirimkan oleh pelamar akan diseleksi sedemikian rupa sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan


Oleh karena itu, beberapa cara seperti yang tersebut di atas penting untuk dipahami dan diimplementasikan oleh pelamar kerja. Agar harapan untuk lolos dari tahapan awal rekrutmen bisa tercapai dengan mudah.

 

Demikianlah informasi tentang cara agar lolos seleksi administrasi buat Anda terapkan pada saat ingin melamar perkerjaan yang Anda inginkan. Dengan mengetahui caranya, maka bukan tidak mungkin kesempatan Anda diterima menjadi lebih besar.


Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat buat Anda dan kita semua. Bagi yang ingin melamar pekerjaan, jangan lupa untuk menerapkan cara-cara di atas agar kemungkinan lolosnya lebih besar. Jangan lupa bagikan informasi di atas agar orang juga merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Related Posts

Posting Komentar